nama : Anggi Cahya Utari
Kelas : PGSD A
TUJUAN, BATASAN, DAN KEMUNGKINAN PENDIDIKAN
A. Tujuan
Pendidikan
Manusia adalah makhluk yang terus berkembang, baik secara jasmani maupun
rohani. Perkembangan ini bukan sekedar proses alamiah, namun membutuhkan
bimbingan dalam bentuk sebuah pendidikan. Menurut Langeveld pendidikan
merupakan proses pendewasaan seseorang, baik pada jasmani maupun rohani
(mental, moral, sosial, dan emosional). Hal ini berarti bahwa pendidikan harus
ada dalam setiap proses kehidupan. Selama manusia berusaha untuk meningkatkan
kehidupannya, baik dalam bentuk peningkatan dan pengembangan pengetahuan,
kepribadian, maupun keterampilannya, secara sadar atau tidak sadar, maka selama
itulah pendidikan masih berjalan terus.
Berdasarkan ruang lingkup (luas dan sempitnya) tujuan yang ingin dicapai,
Langeveld mengemukakan bahwa jenis-jenis tujuan pendidikan adalah:
1. Tujuan Umum
Tujuan umum adalah tujuan akhir yang akan dicapai oleh seseorang melalui
pendidikan. Dengan demikian, apabila tujuan pendidikan adalah kedewasaan, maka
semua kegiatan pendidikan harus tertuju pada kedewasaan agar tujuan umum
pendidikan itu dapat tercapai. Menurut Kohnstamm dan Gunning, tujuan akhir
pendidikan adalah membentuk insan kamil atau manusia sempurna. (Amir
Daien,1973) sehingga dapat dikatakan bahwa tujuan umum/akhir pendidikan ialah
membentuk insan kamil yang dewasa jasmani dan rohaninya baik secara moral,
intelektual, sosial, estesis, dan agama
Contoh: Seorang guru meminta siswa kelas 1 untuk merapikan crayon dan meja
lipat setelah mewarnai, secara tidak langsung anak telah diajarkan tentang
tanggungjawab. Sikap bertanggungjawab ini akan membentuk sebuah kedewasaan
dalam diri anak.
2. Tujuan Khusus
Tujuan khusus merupakan pengkhususan dari tujuan umum. Kita tahu bahwa
tujuan umum pendidikan adalah kedewasaan. Kedewasaan disini masih general
sifatnya. Banyak faktor yang membentuk kedewasaan, sehingga dapat dikatakan
tujuan khusus dari pendidikan mencakup segi-segi tertentu. Pengkhususan tujuan
ini dapat disesuaikan dengan kondisi dan situasi tertentu, misalnya disesuaikan
dengan:
a. Cita-cita pembangunan suatu masyarakat/bangsa.
b. Tugas suatu badan atau lembaga pendidikan.
c. Bakat dan kemampuan anak didik.
d. Kesanggupan-kesanggupan yang ada pada pendidik.
e. Tingkat pendidikan, dan sebagainya.
(Umar Tirtaraharja, dkk,2005:38-39)
3. Tujuan Insidental/sewaktu
Tujuan ini disebut tujuan seketika/insidental karena tujuan ini timbul
secara kebetulan, secara mendadak dan hanya bersifat sesaat. Tujuan seketika
ini meskipun hanya sesaat, namun ikut andil dalam pencapaian tujuan
selanjutnya. Melalui tujuan-tujuan insidental seperti ini, akan diperoleh
pengetahuan dan pengalaman langsung yang erat hubungannya dengan kehidupan
dimasa yang akan datang.
4. Tujuan Sementara
Tujuan sementara ialah tujuan yang terdapat dalam langkah-langkah untuk mencapai
tujuan umum (merupakan pijakan untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi). Dengan
kata lain, tujuan sementara adalah tujuan pendidikan yang dicapai seseorang
pada setiap fase perkembangan. Misalnya saat seorang anak diajarkan untuk dapat
berjalan ia harus mengalami beberapa tahapan dari merangkak, berdiri, berjalan
terpatah-patah sampai akhirnya dia bisa berjalan. Inilah yang disebut tujuan
sementara.
5. Tujuan Tak Lengkap
Tujuan tak lengkap adalah tujuan yang hanya membahas tentang salah satu
aspek pendidikan. Tujuan ini erat hubungannya dengan aspek-aspek pendidikanyang
akan membentuk aspek-aspek kepribadian manusia, sepertimisalnya aspek-aspek
pendidikan yaitu kecerdasan, moral, sosial,keagamaan, estetika, dan sebagainya.
6. Tujuan Intermedier/perantara
Tujuan perantara ini merupakan alat atau sarana untuk mencapai
tujuan-tujuan yang lain. Misalnya saja seseorang yang bersekolah tujuannya
adalah akhirnya adalah lulus, ketika dia naik kelas dari kelas satu ke kelas
dua dan dari kelas dua ke kelas tiga itu merupakan tujuan intermedier/tujuan
perantara.
Keenam tujuan tersebut menurut Langeveld intinya dapat disederhanakan
menjadi satu macam saja, yaitu “tujuan umum” dimana kelima tujuan yang lainnya
diarahkan untuk pencapaian tujuan umum pendidikan yaitu terbentuknya kehidupan
sebagai insan kamil, satu kehidupan dimana ketiga inti hakikat manusia baik
sebagai makhluk individu, makhluk sosial dan makhluk susila/religius dapat
terwujud secara harmonis.
Hierarki tujuan pendidikan dapat dilihat dalam kurikulum pendidikan yang
terjabar mulai dari :
1. Cita-cita nasional/tujuan nasional (Pembukaan UUD 1945)
2. Tujuan Pendidikan Nasional (dalam Sistem Pendidikan Nasional),
3. Tujuan Institusional (pada tiap tingkat pendidikan/sekolah),
4. Tujuan kurikuler (Pada tiap-tiap bidang studi/mata pelajaran atau
kuliah)
5. Tujuan instruksional yang dibagi menjadi dua yaitu tujuan instruksional
umum dan tujuan instruksional khusus.
Dengan demikian tampak keterkaitan antara tujuan instruksional yang dicapai
guru dalam pembelajaran dikelas, untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yang
bersumber dari falsafah hidup yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
Manfaat tujuan dalam pendidikan adalah:
- Sebagai Arah Pendidikan, tujuan akan menunjukkan arah dari suatu usaha, sedangkan arah menunjukkan jalan yang harus ditempuh dari situasi sekarang kepada situasi berikutnya.
- Tujuan sebagai titik akhir, suatu usaha pasti memiliki awal dan akhir. Mungkin saja ada usaha yang terhenti karena sesuatu kegagalan mencapai tujuan, namun usaha itu belum bisa dikatakan berakhir. Pada umumnya, suatu usaha dikatakan berakhir jika tujuan akhirnya telah tercapai.
- Tujuan sebagai titik pangkal mencapai tujuan lain, apabila tujuan merupakan titik akhir dari usaha, maka dasar ini merupakan titik tolaknya, dalam arti bahwa dasar tersebut merupakan fundamen yang menjadi alas permulaan setiap usaha.
- Memberi nilai pada usaha yang dilakukan
B. Batasan Pendidikan
Dalam pelaksanaan sebuah pendidikan, ada hal-hal yang membatasi.
Batas-batas Pendidikan dapat diartikan sebagai ketidakmampuan atau
ketidakberdayaan pendidikan dalam melakukan tugas-tugas pendidikan. Batas-batas
yang mempengaruhi pendidikan tersebut adalah sbb:
1. Pendidik
Pendidik adalah orang dewasa yang bertanggung jawab membimbing seorang anak
untuk mencapai kedewasaanya. Yang dimaksud pendidik disini adalah orang tua dan
guru. Keduanya memiliki peran yang sama penting dalam membantu proses
pencapaian kedewasaan anak. Orang tua tentu saja memegang peran utama dalam
proses ini, karena orang tua merupakan tempat pertama dan utama bagi seorang
anak untuk bertinteraksi dengan pendidikan. Ketika anak berada di sekolah,
orang tua memiliki keterbatasan dalam melakukan pendidikan terhadap anak. Untuk
itulah guru melakukan peran pengganti sebagai orang tua yang akan melaksanakan
pendidikan bagi anak, di sekolah.
2. Aspek pribadi anak didik
Anak didik adalah sosok manusia/individu. Menurut Abu Ahmadi “Individu
adalah orang yang tidak tergantung pada orang lain, dalam arti benar-benar
seorang pribadi yang menentukan diri sendiri dan tidak dapat dipaksa dari luar,
mempunyai sifat-sifat dan keinginan sendiri”. Kondisi inilah yang membatasi
sebuah pendidikan. Berhasil atau tidaknya suatu pendidikan, sangat tergantung
pada seberapa jauh anak didik mampu menerima pendidikan yang diberikan. Anak
didik harus diakui keberadaannya. Mereka tidak bisa begitu saja diperintah
untuk mengikuti keinginan kita. Kita harus dapat memasuki dunia mereka,
sehingga kita dapat mengetahui apa yang mereka inginkan dan mereka sukai.
Dengan demikian proses pendidikan akan bisa berlangsung dengan baik dan dapat
mencapai tujuan yang diharapkan.
3. Alat pendidikan
Alat pendidikan merupakan suatu perbuatan atau situasi yang dengan sengaja
diadakan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Alat pendidikan digunakan
untuk mendidik anak secara pedagogis. Misalnya jika seorang ibu membersihkan
dan merapikan rumah setiap hari dalam rangka memberikan kenyamanan bagi
keluarganya, maka ia telah menyediakan lingkungan pendidikan (keluarga). Jika
ibu ini menggunakan kegiatan membersihkan rumah ini untuk menasehati anaknya
agar menjaga kebersihan karena merupakan bagian dari keimanan, maka memberikan
nasehat merupakan alat pendidikan, dan kondisi rumah yang bersih merupakan alat
bantu pendidikan.
Macam-macam alat pendidikan jika ditinjau dari wujudnya dapat berupa:
- Perbuatan pendidik, dapat berupa teladan, perintah, pujian, teguran, ancaman hukuman.
- Benda-benda sebagai alat bantu, seperti meja kursi belajar, papan tulis, penghapus, kapur tulis, buku, pena, dll.
Penggunaan Alat Pendidikan
1) Teladan
Teladan adalah tindakan pendidik yang disengaja untuk ditiru oleh anak
didik, denga maksud melakukan pembiasaan pada anak. Teladan merupakan alat
pendidikan yang utama sebab terikat erat dalam pergaulan dan berlangsung secara
wajar. Dalam pelaksanaannya, pendidik perlu memberitahu anak didik tentang
tingkah laku mana yang harus ditiru dan mana yang tidak dengan cara yang arif
bijaksana, agar anak didik tidak merasa dipaksa. Contoh: guru berpakaian bersih
dan rapi, tidak merokok (terutama di depan anak didik), tidak makan dan minum
sambil berdiri, tidak tertawa terbahak-bahak di depan anak didik, dll.
2) Perintah
Perintah adalah tindakan pendidik menyuruh anak didik melakukan sesuatu
(yang diharapkan) untuk mencapai tujuan tertentu. Perintah ini lahir dari
pemahaman pendidik terhadap keadaan anak didik dan niat untuk membantu anak
didik. Perintah merupakan kelanjutan dari teladan yang tidak atau belum
dituruti oleh anak didik. Contoh: Guru selalu membuang sampah pada tempatnya.
Suatu saat guru melihat salah satu siswa yang membuang plastik bungkus makanan
dari jendela kelas. Guru lalu menyuruh siswa tersebut untuk mengambil kembali
sampah tersebut dan membuangnya di tempat sampah. Usahakan agar siswa menerima
perintah secara positif, bukan karena dipaksa melainkan karena alasan yang
rasional.
3) Larangan
Larangan adalah tindakan pendidik menyuruh anak didik untuk tidak melakukan
atau menghindari tingkah laku (tertentu) demi tercapainya tujuan pendidikan.
Larangan ini merupakan reaksi atas tingkah laku orang dewasa (yang tidak
sepantasnya) ditiru oleh anak didik. Atau reaksi bagi perilaku menyimpang anak
didik dari kaidah agama dan norma/etika berperilaku yang baik. Usahakan untuk
memberikan alasan yang jelas ketika menyampaikan larangan, sehingga segala
sesuau dapat diterima dengan baik oleh anak didik.
Contoh: guru melarang siswa merokok. Larangan ini diberikan karena tingkah
laku tersebut tidak pantas ditiru dan dapat merugikan anak.
4) Pujian/hadiah
Pujian/hadiah adalah tindakan pendidik yang berfungsi memperkuat penguasaan
tujuan pendidikan tertentu yang telah dicapai oleh anak didik. Tindakan ini
merupakan pengakuan setuju terhadap apa yang telah dilakukan dan dicapai oleh
anak didik. Pujian dan hadiah harus diberikan pada saat yang tepat, yaitu
segera setelah anak didik melakukan suatu keberhasilan (jangan ditunda). Jangan
diberikan sebagai janji, karena hal ini akan dijadikan sebagai tujuan
kegiatan.
5) Teguran
Teguran merupakan tindakan pendidik untuk mengoreksi pencapaian tujuan
pendidikan oleh anak didik. Biasanya teguran digunakan apabila anak didik tidak
atau kurang baik dalam bertingkah laku belum mengikuti perintah/larangan.
Teguran perlu disertai dengan usaha menyadarkan anak didik akan
ketidaktepatannya dalam bertingkah laku, sehingga anak didik dapat menerima
teguran secara sukarela.
6) Ancaman
Ancaman adalah tindakan pendidik mengoreksi secara keras tingkah laku anak
didik yang tidak sesuai harapan, dengan disertai perjanjian jika terulang lagi
akan diberi hukuman. Ancaman merupakan tindak lanjut dari teguran. Pada
umumnya, ancaman akan menimbulkan ketakutan. Anak didik dapat menerima ancaman
tersebut karena mengerti, atau karena takut. Anak didik juga dapat menolak
ancaman tersebut karena tidak mau dipaksa. Usahakan agar ancaman ini digunakan
pada saat yang tepat, misalnya untuk pelanggaran berulang dan cukup berat.
Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan alat ini.
7) Hukuman
Hukuman adalah tindakan pendidik terhadap anak didik karena melakukan
kesalahan. Hukuman dimaksudkan untuk memberikan efek jera, sehingga anak didik
diharapkan tidak melakukan kesalahan lagi. Hukuman merupakan alat pendidikan
istimewa sebab membuat anak didik menderita. Berat ringannya hukuman tergantung
pada tujuan yang hendak dicapai dan keadaan anak didik. Hukuman dapat berbentuk
hukuman fisik, hukuman perasaan (diejek, dipermalukan, dimaki, dll) atau pun
hukuman intelektual. Sebaiknya jangan menggunakan hukuman fisik atau hukuman
perasaan, karena dapat mengganggu hubungan kasih sayang antara pendidik dan
anak didik. Biasakanlah untuk menggunakan hukuman intelektual artinya anak
didik diberi kegiatan tertentu sebagai hukuman berdasarkan alasan bahwa
kegiatan itu akan langsung membawanya pada perbaikan hasil belajarnya.
4. Waktu pelaksanaan
Pada saat anak usia dini, hubungan anak dengan pendidik belum disebut
sebagai kegiatan pendidikan melainkan baru dalam proses/taraf pembiasaan.
Karena anak usia dini masih bersifat serba menerima, mereka belum memahami apa
itu perintah, aturan, norma dan lain sebagainya. Kegiatan pembiasaan tersebut
merupakan langkah awal yang dilakukan oleh pendidik untuk mencapai kedewasaan
seorang anak atau disebut juga dengan pendidikan pendahuluan. Perbedaan
pendidikan pendahuluan dengan pendidikan sebenarnya adalah ketika terjadi
hubungan wibawa antara pendidik dan anak didik. Jadi pendidikan yang sebenarnya
bukan merupakan kebiasaan melainkan terjadi ketika hubungan wibawa itu ada,
ketika anak telah mampu menerima petunjuk dan perintah bukan hanya atas dasar
ikut-ikutan atau meniru orang lain.
5. Aspek tujuan
Tujuan pendidikan adalah mengantarkan anak untuk mencapai kedewasaan.
Tujuan pendidikan dibagi kedalam 2 tujuan, secara mikro dan makro. Tujuan
pendidikan secara mikro adalah untuk menjadikan anak didik menjadi dewasa.
Sedangkan secara makro yaitu menyiapkan manusia supaya lebih bermanfaat bagi
kehidupan pribadi dan bangsanya. Anak dikatakan mencapai kedewasaannya apabila
dia sudah bisa dan mampu berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain baik secara
biologis, psikologis, ekonomi dan sosial.
6.
Aspek lingkungan
Lingkungan tempat dimana kita bertempat tinggal dan mendapatkan pendidikan
merupakan lingkungan pendidikan. Lingkungan disekitar anak dapat dibedakan
menjadi 4 macam:
v Lingkungan
alam fisik
Lingkungan ini merupakan lingkungan berupa alam disekitar kita seperti
tumbuhan, hewan, udara, rumah dan lain-lain.
v Lingkungan
budaya, berupa kebudayaan, ilmu pengetahuan, teknologi, adat istiadat, bahasa,
seni dan lain-lain.
v Lingkungan
sosial, berupa hubungan interaksi antar individu yang hidup bermasyarakat dan
saling membutuhkan satu sama lain, tyermasuk didalamnya tentang sikap,
perilaku, norma antar setiap individu.
v Lingkungan
spiritual, berupa lingkungan agama, keyakinan yang dianut masyarakat yang ada
disekitar kehidupan dia.
Manakala faktor-faktor tersebut, ada yang tidak mendukung, maka disitulah
sering terjadi kendala bagi diberlangsungkannya proses pendidikan. Sebagai
contoh bakat dan minat anak yang tidak ada pada suatu bidang ajar, atau
intelejensi anak yang rendah untuk materi ajar yang memerlukan kecerdasan, atau
kondisi fisik anak yang tidak mendukung untuk mata ajar yang memerlukan
kesempurnaan fisik, atau psikis anak yang labil, atau back ground anak dari keluarga
yang tidak mampu, broken home, berasal dari masyarakat yang tidak peduli
terhadap pendidikan, atau lingkungan sekolah yang diselenggarakan berada jauh
dibawah ukuran standard (baik manajemen, pembelajaran dan fasilitasnya), maka
semuanya itu menjadi pembatas bagi dilangsungkannya pendidikan bagi anak
tersebut.
C. Kemungkinan dan Keharusan Pendidikan
Kemungkinan dan keharusan pendidikan adalah hal-hal yang menyebabkan
dimungkinkan dan diharuskannya pelaksanaan tugas-tugas pendidikan. Anak manusia
telah diakui oleh para ahli berbagai pakar disiplin ilmu yang berbeda, memiliki
potensi untuk kemungkinan dididik dan bahkan menjadikannya harus dididik,
umpamanya :
Pakar Filsafat menilai manusia sebagai Homo Sapien, makhluk yang memiliki akal, karenanya dia mungkin dan harus dididik agar dapat berkembang kearah yang diinginkan.
Ø Sosiologi
Pakar sosiologi menganggap manusia sebagai Homo socius, yakni makhluk yang punya keinginan untuk hidup bersama. Dengan kebersamaan ini dimungkinkannya terjadi proses transfer nilai-nilai, pengetahuan dan keterampilan. Karenanya dengan potensi ini manusia dimungkinkan untuk dididik. Dasar kehidupan sosial adalah karena adanya kebutuhan. Agar kehidupan sosial itu berjalan dengan baik dan langgeng, maka diperlukan adanya nilai-nilai, pengetahuan dan keterampilan dalam memenuhi kebutuhan itu, sehingga memang manusia harus dididik.
Ø Psikologi
Dalam pandangan psikologi, bahwa manusia bukan hanya terdiri bentuk lahir dengan panca inderanya saja, tapi juga memiliki aspek psikis dengan berbagai demensinya, seperti emosi, intelegensi, konasi, imajinasi (daya khayal), dll. Yang semua itu memungkinkan dan mengharuskan manusia untuk dididik, sehingga dapat berkembang menjadi manusia yang sempurna bukan hanya aspek pisik tapi juga aspek psikisnya.
Ø Antropologi
Dalam pandangan antropologi manusia adalah makhluk yang berbudaya, karena manusia mempunyai akal dan rasa keingintahuan dan punya kemampuan pisik untuk mengembangkannya. Potensi akal dan keingintahuan serta kemampuan untuk mengembangkan ini adalah potensi yang menyebabkan manusia mungkin dan harus didik, sehingga budaya manusia terus berkembang kearah kesempurnaan.
Ø Psikologi Agama
Dalam pandangan psikologi agama, manusia adalah human religious, atau mahkluk yang memiliki potensi beragama. Potensi ini dapat menjadi dasar bagi dimungkinkannya manusia dididik dan adalah merupakan suatu keharussan untuk mendidiknya agar menjadi manusia yang beragama secara benar.
Ø Agama Islam
Sebagai sebuah agama yang universal, Islam memandang manusia (anak) sebagai makhluk yang memiliki tiga unsur pokok, yaitu tubuh, hayat dan jiwa. Tubuh bersifat materi, tidak kekal dan dapat hancur, hayat yang berarti hidup, akan hancur bersama dengan datangnya kematian, sedangkan jiwa bersifat kekal. Berbeda dengan binatang dan tumbuh-tumbuhan, “mereka mempunyai jiwa, tapi eksistensi jiwa di sini terikat dengan tubuh yang bersifat materi, karenanya jika makhluk yang bersangkutan mati, jiwanya pun ikut hancur” karena jiwa yang dimaksud di sini oleh sebahagian kalangan filofof Islam adalah hayat yang berarti hidup. Manusia dipandang dalam islam sebagai makhluk yang termulia diantara makhluk-makhluk Allah yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar