Minggu, 03 Januari 2016

MAKALAH KRITERIA MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN


Nama : Anggi cahyaUtari
Kelas : PGSD A

MAKALAH
KRITERIA MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN
UntukmemenuhiSyarat Mata KuliahMedia Pembelajaran SD
DosenPengampu : Srikandi Octaviani, M.Pd


 











Disusunolehkelompok7 :
                        1. Tika marlena            NPM (141350134)
2. anggi cahya utari              NPM(141350055)
                        3. Pebri Wijayanto                  NPM(141350042)
                        4. Restu Dian Saputra             NPM (141350140)

Prodi                              : PGSD
Semester                        : III( Tiga)



SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA METRO
BAB I
PENDAHULUAN

1.1.                 LatarBelakang
Untukmengoptimalkan proses belajarmengajar demi tercapainyatujuanpembelajaran, diperlukanpemilihan media pembelajaran yang tepat. Dalam menggunakan media pembelajaran diperlukan kriteria dan pedoman pemilihan media pembelajaran. Pemilihan media pembelajaraniniharuslahmemperhatikankeadaanpesertadidik, kondisilingkungandansosialsetempat, agar media yang digunakandapatefektif, tepatsasarandansesuai pula dengankemampuanpesertadidik.

1.2. RumusanMasalah
1.                       Bagaimana pedoman pemilihan media  ?
2.                       Bagaimana kriteria pemilihan media ?
3.                       Faktor apa saja yang mempengaruhi dalam memilih media?

1.3. Tujuan
1.                       Untukmengetahuidanmemahamipedoman pemilihan media.
2.                       Untukmengetahuidanmemahamikriteria memilih media.
3.                       Untukmengetahuiapasajafaktorapa saja yang mempengaruhi
dalam memilih media.








i
BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Pedoman Pemilihan Media
                   Sebelummemutuskanuntukmemanfaatkan media dalamkegiatanpembelajaran di dalam kelas, hendaknya guru melakukanseleksiterhadap media pembelajaranmana yang akndigunakanuntukmendampingidirinyadalammembelajarkanpesertadidiknya.Berikutinibeberapa tips ataupedoman yang dapatdigunakan guru dalammelakukanseleksiterhadap media pembaelajaran yang akandigunakan.
      a.      MenyesuaikanJenis Media denganMateriKurikulum
      Sewaktuakanmemilihjenis media yang akndikembangkanataudiadakanmakaperlu yang diperrhatiakanadalahjenismateripelajaran yang mana yang terdapat di dalamkurkulum yang dinilaiperluditunjangoleh media pembelajaran. Kemudian, dilakukantelaahtentangjenis media apa yang diniaitepatuntukmenyajikanmateripelajaran yang dikehendakitersebut.
       Sebagaicontohmisalnya, pelajaranBahasa Arab, untukkemampuanberbahasamendengarkanataumenyimak (maharahistima), media yang lebihtepatdigunakanadalah media kaset audio.Sedangkanuntukkemampuanmenulisatautatabahasa, maka media yang lebihtepatdigunakanadalah media cetak.Sedangkanuntukmengajarkankepadapesertadidiktentangcara-caramenggunakan organs of spechuntukmenuturkan kata ataukalima (pronounciation), mak media video akanlebihtepatdigunakan.

b.      KeterjangkauandalamPembiayaan
      Dalampengembanganataupengadaan media pembelajaranhendaknyajugamempertimbngakanketersediaananggaran yang ada.Kalauseandainya guru harusmembuatsendiri media pembelajaran, makahendaknyadipikirkanapakahadadiantarasesama guru yang mempunyaipengetahuandanketerampilanuntukmengembangkan media pembelajaran yang dibutuhkan.
2
Kalautidakada, makaperludijajakiberapabesarbiaya yang dibutuhkanuntukpembuatanmediannya.

c.      KetersediaanPerngkatKerasuntukPemanfaatan Media Pembelajaran
         Tidakadagunannyamerancangdanmengembangkan media secanggihapapunkalautidakdidukungolehketersediaanperalatanpemanfaatannya di kelas.Apaartinyatersedia media pembelajaran online apabila, disekolahtidaktersediaperangkatkomputerdanfasilitaskoneksike internet yang juga di dukungolehLokal Area Network (LAN).
         Sebaliknya, pemilihan media pembelajaransederhana(sepertimisalnya media kaset audio) untukdirancangdandikembangkanakansangatbermanfaatkarenaperalatan / fasilitaspemanfaatannyatersedia di sekolahataumudahdiperoleh di masyarakat, selainitusumberenergi yang diperlukanuntukmengoperasikanperalatanpemanfaatan media sederhanajugacukupmudahyaituhanyadenganmenggunakanbateraikering. 
         Dari segiekspertisataukeahliandanketerampilan yang dibutuhkanuntukmengembangkan media sederhanaseperti media kaset audio atautransparasimisalnyatidaklahterlalusulituntukmendapatkannya.Tidaklahjugaterlalusulituntukmempelajaricara-caraperancangandanpengembangan media sederhana.

d.      Ketersediaan Media Pembelajaran di Pasaran
         Karenapromosidanperagaan yang sangatmengagumkan/ mempesonaataumenjanjikanmisalnya, sekolahlangsungtertarikuntukmembeli media pembelajarn yang ditawarkan.Namunsebelummembeli media pembelajrannya (program), sekolahharusterlebihdahulumembeliperangkatkerasuntukpemanfaatannya. Setelahperalatanpemanfaatan media pembelajarannyadibeliternyata di antara guru adaataubelumtanubagaimanacara-caramengoperasikanperalatan, pemanfaatan media pembelajaran media pembelajaran yang akandiadakantersebut.
3
      Di sampingitu media pembelajarannya (program) sendiriternyatasulitdidapatkan di pasaransebabharusdipesanterlebihdahuluuntukjangkawaktutertentu.Kemudian, dapatsajaterjadibahwa media pembelajaran yang telahdipesandandipelajri, kandunganmateripelajarannyasedikitsekalirelevandengankebutuhanpesertadidik (sangatdangkal).Sebaliknya, dapatjugaterjdibahwamateri yang dikemas di dalam media pembelajaransangatcocokdarimembantumempermudahsiswamemahamimateripelajaran.Namun, yang menjadimasalahadalahbahwa media pembelajarantersebutsulitdidapatkan di pasaran.

e.      KemudahanMemanfaatkan Media Pembelajaran
      Aspeklain yang jugatidakkalhpentinnyauntukdipertimbangkandalampengembanganataupengadaan media pembelajaranadalahkemudahan guru ataupesertadidikmemanfaatkannya. Tidakakanterlalubermanfaatapabila media pembelajarandikembangkansendiriatau yang dikontrakkanpembuatannyaternyatatidakmudahdimanfaatkan, baikoleh guru maupunolehpesertadidik. Media yang dikembangkanataudibelitersebuthanyaakanberfungsisebagaipajangan di sekolah.

2.2 Kriteria Memilih Media
Dalam penggunaan media sebelumnya kita harus terlebih dahulu memperhatikan kireteria dalam mmilih media, kriteria memilih media berdasarkan tujuan,karakteristik,siswa,alokai waktu,ketersediaanefektifitas,kompatibilitasn biaya. Yang dapat di uraikan sebagai berikut:
a.       Tujuanbelajar (objective)
yaitutujuan yang akandicapaidaripenggunaan media dalampembelajaran.
4
Apakahtujuantersebutbersifatkognitif, afektifataupsikomotorik?,danpadaaspek yang manakahtitikberatnya? atauapakahmateri yang diajarkanbersifatinformasi verbal, materiuntukmenanamkansikapatauuntukmengajarkanketerampilantertentu?.
b.         Karakteristiksasaran (Audience)
yaitukelompokatausubjekpembelajaran (apakahanak-anak, orang dewasaataumasyarakatumum, danjugaapakahmerekamemilikikelebihanataukekurangandarisisiprestasiakademik, social, ekonomiatausisi yang lain).
c.           Keadaan siswa
Media akan efektif digunakan apabila tidak tergantung dari beda interindividual antara siswa. Msialnya kalau siswa tergolong tipe auditif/visual maka siswa yang tergolong auditif dapat belajar dengan media visual dari siswa yang tergolong visual dapat juga belajar dengan menggunakan media auditif.
d.         Waktu (Time)
yaitupenggunaan media tersebutbagaimanadarisisipenggunaanwaktunya, apakahlebihcepat, lambanatausedang. Sehinggakitabisamengestimasipenggunaan media tersebutdarisegiketersediaanwaktu.
e.          KetersediaandanKelayakan
yaitujenis media tersebutapakahtersedia di lingkungankitaatausekolahdanlayakuntuk di pakaiatautidak? Mungkinkahkitamemperolehnya?Kalauada, apakahsekolahmemilikiperalatanuntukmenggunakannya, tenaga yang merawatataumengoperasikannya?Dan jikatidakadadanharusmembuat, adakahbahan-bahan, waktudantenaganya?


5
f.     Kesesuaian di lapangan
yaitumedianya acceptable apatidak. Kondisilapanganperludipertimbangkan.Misalnyaadatistiadat, budaya, agama, fasilitas yang ada di lingkungansekolah, dan lain-lain
g.             Biaya (Cost)
yaitukemampuanfinansial yang tersedia. Berapabanyakbiaya yang dibutuhkanuntukpengadaan media tersebut?apakahdana yang adatelahmencukupi, apakah media yang dikeluarkanseimbangdengankemungkinanhasil yang akandicapai, danapakahada media lain yang lebihmurahtetapitujuantetaptercapai?. Hendaknya biara yang digunakan seimbang dengan hasil yg dicapai.
2.3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Memilih Media
Dalam menentukan media pembelajaran yang akan dipakai dalam proses belajar mengajar, pertama- tama seorang guru harus mempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai, kondisi dan keterbatasan yang ada dengan mengingat kemampuan dan karakteristik media yang akan dipilihnya. Dengan mengajukan beberapa pertanyaan, maka pemilihan media dapat dilakukan berdasarkan:
1.      Apakah media yang bersangkutan relevan dengan kompetensi dasar 
yang ingin dicapai ?
2.      Apakah ada sumber informasi, katalog mengenai media yang
bersangkutan ?
3.      Apakah perlu dibentuk tim untuk memonitor yang terdiri dari para calon pemak​ai ?
Dalam pemilihan media, salah satu cara yang dapat digunakan untuk memilih yaitu dengan menggunakan matriks.

6
Selain dari itu, dapat dikemukakan pula bahwa beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan media antara lain adalah :
a.kompetensi dasar yang ingin dicapai,
b. karakteristik siswa,
c.  jenis rangsangan belajar yang diinginkan (audio atau visual),
keadaan latar atau lingkungan, dan gerak atau diam,
d.  keterssediaan sumber di sekolah,
e.  tingkat kemudaan media digunakan,
f.  kepraktisan dan ketahanan media,
g.  kemampuan dan ketrampilan guru dalam menggunakan , dan
h. efektifitas biaya dalam jangka waktu panjang.









7
BAB III
PENUTUP

3.1Kesimpulan
            Media pembelajaranadalahsalahsatufaktorpentingdalammenunjangkeberhasilansuatu proses pembelajaran. Olehkarenaitu, parapendidikdiharuskanuntukjelimemilih media pembelajaran yang sesuaidengankebutuhanpesertadidik agar memperolehhasil yang maksimal.

3.2.   Saran
Sebagaipenyusunsayamerasamasihadakekurangandalampembuatanmakalahini.Olehkarenaitu, sayamohonkritikdan saran daripembaca.










8
DAFTAR PUSTAKA

Mareta blogspot. Tanggal 07-11-2015. 10:55. Avatar Net Jl. Kampus
iwan blogspot. Tanggal 07-11-2015. 10:57. Avatar net Jl. Kampus
ghozaliq blogspot. Tanggal 07-11-2015. 10:59. Avatar net Jl. Kampus
irma blogspot. Tanggal 07-11-2015. 11:01. Avatar net Jl. Kampus














9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar