Nama : Anggi cahyaUtari
Kelas : PGSD A
MAKALAH
KRITERIA MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN
UntukmemenuhiSyarat Mata KuliahMedia Pembelajaran SD
DosenPengampu : Srikandi Octaviani, M.Pd
Disusunolehkelompok7 :
1.
Tika marlena NPM
(141350134)
2.
anggi cahya utari
NPM(141350055)
3.
Pebri Wijayanto NPM(141350042)
4.
Restu Dian Saputra NPM
(141350140)
Prodi
:
PGSD
Semester
:
III( Tiga)
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
METRO
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
LatarBelakang
Untukmengoptimalkan
proses belajarmengajar demi tercapainyatujuanpembelajaran, diperlukanpemilihan
media pembelajaran yang tepat. Dalam menggunakan media pembelajaran
diperlukan kriteria dan pedoman pemilihan media pembelajaran. Pemilihan media
pembelajaraniniharuslahmemperhatikankeadaanpesertadidik,
kondisilingkungandansosialsetempat, agar media yang digunakandapatefektif,
tepatsasarandansesuai pula dengankemampuanpesertadidik.
1.2. RumusanMasalah
1.
Bagaimana pedoman pemilihan media ?
2.
Bagaimana kriteria pemilihan media ?
3.
Faktor apa saja yang mempengaruhi dalam
memilih media?
1.3. Tujuan
1.
Untukmengetahuidanmemahamipedoman
pemilihan media.
2.
Untukmengetahuidanmemahamikriteria
memilih media.
3.
Untukmengetahuiapasajafaktorapa saja yang
mempengaruhi
dalam memilih
media.
i
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
2.1. Pedoman Pemilihan Media
Sebelummemutuskanuntukmemanfaatkan
media dalamkegiatanpembelajaran di dalam kelas, hendaknya guru melakukanseleksiterhadap media
pembelajaranmana yang akndigunakanuntukmendampingidirinyadalammembelajarkanpesertadidiknya.Berikutinibeberapa
tips ataupedoman
yang dapatdigunakan guru dalammelakukanseleksiterhadap media pembaelajaran yang
akandigunakan.
a. MenyesuaikanJenis Media
denganMateriKurikulum
Sewaktuakanmemilihjenis media yang
akndikembangkanataudiadakanmakaperlu yang
diperrhatiakanadalahjenismateripelajaran yang mana yang terdapat di
dalamkurkulum yang dinilaiperluditunjangoleh media pembelajaran. Kemudian,
dilakukantelaahtentangjenis media apa yang
diniaitepatuntukmenyajikanmateripelajaran yang dikehendakitersebut.
Sebagaicontohmisalnya,
pelajaranBahasa Arab, untukkemampuanberbahasamendengarkanataumenyimak
(maharahistima), media yang lebihtepatdigunakanadalah media kaset
audio.Sedangkanuntukkemampuanmenulisatautatabahasa, maka media yang
lebihtepatdigunakanadalah media
cetak.Sedangkanuntukmengajarkankepadapesertadidiktentangcara-caramenggunakan
organs of spechuntukmenuturkan kata ataukalima (pronounciation), mak media
video akanlebihtepatdigunakan.
b. KeterjangkauandalamPembiayaan
Dalampengembanganataupengadaan media
pembelajaranhendaknyajugamempertimbngakanketersediaananggaran yang
ada.Kalauseandainya guru harusmembuatsendiri media pembelajaran,
makahendaknyadipikirkanapakahadadiantarasesama guru yang
mempunyaipengetahuandanketerampilanuntukmengembangkan media pembelajaran yang
dibutuhkan.
2
Kalautidakada,
makaperludijajakiberapabesarbiaya yang dibutuhkanuntukpembuatanmediannya.
c.
KetersediaanPerngkatKerasuntukPemanfaatan
Media Pembelajaran
Tidakadagunannyamerancangdanmengembangkan media
secanggihapapunkalautidakdidukungolehketersediaanperalatanpemanfaatannya di
kelas.Apaartinyatersedia media pembelajaran online apabila,
disekolahtidaktersediaperangkatkomputerdanfasilitaskoneksike internet yang juga
di dukungolehLokal Area Network (LAN).
Sebaliknya, pemilihan media
pembelajaransederhana(sepertimisalnya media kaset audio)
untukdirancangdandikembangkanakansangatbermanfaatkarenaperalatan /
fasilitaspemanfaatannyatersedia di sekolahataumudahdiperoleh di masyarakat,
selainitusumberenergi yang diperlukanuntukmengoperasikanperalatanpemanfaatan
media sederhanajugacukupmudahyaituhanyadenganmenggunakanbateraikering.
Dari segiekspertisataukeahliandanketerampilan yang
dibutuhkanuntukmengembangkan media sederhanaseperti media kaset audio
atautransparasimisalnyatidaklahterlalusulituntukmendapatkannya.Tidaklahjugaterlalusulituntukmempelajaricara-caraperancangandanpengembangan
media sederhana.
d.
Ketersediaan Media Pembelajaran di Pasaran
Karenapromosidanperagaan yang sangatmengagumkan/
mempesonaataumenjanjikanmisalnya, sekolahlangsungtertarikuntukmembeli media
pembelajarn yang ditawarkan.Namunsebelummembeli media pembelajrannya (program),
sekolahharusterlebihdahulumembeliperangkatkerasuntukpemanfaatannya.
Setelahperalatanpemanfaatan media pembelajarannyadibeliternyata di antara guru
adaataubelumtanubagaimanacara-caramengoperasikanperalatan, pemanfaatan media
pembelajaran media pembelajaran yang akandiadakantersebut.
3
Di sampingitu media pembelajarannya
(program) sendiriternyatasulitdidapatkan di
pasaransebabharusdipesanterlebihdahuluuntukjangkawaktutertentu.Kemudian,
dapatsajaterjadibahwa media pembelajaran yang telahdipesandandipelajri,
kandunganmateripelajarannyasedikitsekalirelevandengankebutuhanpesertadidik
(sangatdangkal).Sebaliknya, dapatjugaterjdibahwamateri yang dikemas di dalam
media
pembelajaransangatcocokdarimembantumempermudahsiswamemahamimateripelajaran.Namun,
yang menjadimasalahadalahbahwa media pembelajarantersebutsulitdidapatkan di
pasaran.
e. KemudahanMemanfaatkan Media
Pembelajaran
Aspeklain yang
jugatidakkalhpentinnyauntukdipertimbangkandalampengembanganataupengadaan media
pembelajaranadalahkemudahan guru ataupesertadidikmemanfaatkannya.
Tidakakanterlalubermanfaatapabila media pembelajarandikembangkansendiriatau
yang dikontrakkanpembuatannyaternyatatidakmudahdimanfaatkan, baikoleh guru
maupunolehpesertadidik. Media yang
dikembangkanataudibelitersebuthanyaakanberfungsisebagaipajangan di sekolah.
2.2
Kriteria Memilih Media
Dalam penggunaan media
sebelumnya kita harus terlebih dahulu memperhatikan kireteria dalam mmilih
media, kriteria memilih media berdasarkan tujuan,karakteristik,siswa,alokai
waktu,ketersediaanefektifitas,kompatibilitasn biaya. Yang dapat di uraikan
sebagai berikut:
a.
Tujuanbelajar (objective)
yaitutujuan yang akandicapaidaripenggunaan media
dalampembelajaran.
4
Apakahtujuantersebutbersifatkognitif,
afektifataupsikomotorik?,danpadaaspek yang manakahtitikberatnya?
atauapakahmateri yang diajarkanbersifatinformasi verbal,
materiuntukmenanamkansikapatauuntukmengajarkanketerampilantertentu?.
b.
Karakteristiksasaran (Audience)
yaitukelompokatausubjekpembelajaran
(apakahanak-anak, orang dewasaataumasyarakatumum, danjugaapakahmerekamemilikikelebihanataukekurangandarisisiprestasiakademik,
social, ekonomiatausisi yang lain).
c.
Keadaan
siswa
Media akan
efektif digunakan apabila tidak tergantung dari beda interindividual antara
siswa. Msialnya kalau siswa tergolong tipe auditif/visual maka siswa yang
tergolong auditif dapat belajar dengan media visual dari siswa yang tergolong
visual dapat juga belajar dengan menggunakan media auditif.
d.
Waktu (Time)
yaitupenggunaan
media tersebutbagaimanadarisisipenggunaanwaktunya, apakahlebihcepat, lambanatausedang.
Sehinggakitabisamengestimasipenggunaan media tersebutdarisegiketersediaanwaktu.
e.
KetersediaandanKelayakan
yaitujenis
media tersebutapakahtersedia di lingkungankitaatausekolahdanlayakuntuk di
pakaiatautidak? Mungkinkahkitamemperolehnya?Kalauada, apakahsekolahmemilikiperalatanuntukmenggunakannya,
tenaga yang merawatataumengoperasikannya?Dan jikatidakadadanharusmembuat,
adakahbahan-bahan, waktudantenaganya?
5
f. Kesesuaian
di lapangan
yaitumedianya acceptable apatidak.
Kondisilapanganperludipertimbangkan.Misalnyaadatistiadat, budaya, agama,
fasilitas yang ada di lingkungansekolah, dan lain-lain
g.
Biaya (Cost)
yaitukemampuanfinansial yang tersedia.
Berapabanyakbiaya yang dibutuhkanuntukpengadaan media tersebut?apakahdana yang
adatelahmencukupi, apakah media yang dikeluarkanseimbangdengankemungkinanhasil
yang akandicapai, danapakahada media lain yang
lebihmurahtetapitujuantetaptercapai?. Hendaknya biara yang digunakan seimbang dengan hasil yg dicapai.
2.3.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Memilih Media
Dalam menentukan media pembelajaran yang akan dipakai
dalam proses belajar mengajar, pertama- tama seorang guru harus
mempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai, kondisi dan keterbatasan yang ada
dengan mengingat kemampuan dan karakteristik media yang akan dipilihnya. Dengan
mengajukan beberapa pertanyaan, maka pemilihan media dapat dilakukan
berdasarkan:
1.
Apakah
media yang bersangkutan relevan dengan kompetensi dasar
yang
ingin dicapai ?
2.
Apakah
ada sumber informasi, katalog mengenai media yang
bersangkutan
?
3.
Apakah
perlu dibentuk tim untuk memonitor yang terdiri dari para calon pemakai ?
Dalam pemilihan media, salah satu cara yang dapat
digunakan untuk memilih yaitu dengan menggunakan matriks.
6
Selain dari itu,
dapat dikemukakan pula bahwa beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan media
antara lain adalah :
a.kompetensi dasar
yang ingin dicapai,
b. karakteristik
siswa,
c. jenis rangsangan belajar yang diinginkan
(audio atau visual),
keadaan latar atau
lingkungan, dan gerak atau diam,
d. keterssediaan sumber di sekolah,
e. tingkat kemudaan media digunakan,
f. kepraktisan dan ketahanan media,
g. kemampuan dan ketrampilan guru dalam
menggunakan , dan
h. efektifitas
biaya dalam jangka waktu panjang.
7
BAB
III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Media
pembelajaranadalahsalahsatufaktorpentingdalammenunjangkeberhasilansuatu proses
pembelajaran. Olehkarenaitu, parapendidikdiharuskanuntukjelimemilih media
pembelajaran yang sesuaidengankebutuhanpesertadidik agar memperolehhasil yang
maksimal.
3.2. Saran
Sebagaipenyusunsayamerasamasihadakekurangandalampembuatanmakalahini.Olehkarenaitu,
sayamohonkritikdan saran daripembaca.
8
DAFTAR
PUSTAKA
Mareta blogspot. Tanggal
07-11-2015. 10:55. Avatar Net Jl. Kampus
iwan blogspot. Tanggal 07-11-2015.
10:57. Avatar net Jl. Kampus
ghozaliq blogspot. Tanggal
07-11-2015. 10:59. Avatar net Jl. Kampus
irma blogspot. Tanggal 07-11-2015.
11:01. Avatar net Jl. Kampus
9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar