Rabu, 06 Januari 2016

RPP Yentika Putri Arnalista PGSD A



Nama          : Yentika Putri Arnalista
NPM         : 141350046
Prodi / Smt : PGSD / 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SD Negeri 2 Sumberrejo
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas / Semester        : IV / 1
Materi Pokok             : Benda
Waktu                                    : 2 x 45 menit
Metode                       : Ceramah dan Praktek


A.   Standar Kompetensi      :
2. Memahami hubungan beragam sifat dan perubahan  wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya

B.   Kompetensi Dasar          :
2.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair *padat*cair; cair*gas*cair;    padat*gas.
                                        
C.   Tujuan Pembelajaran    :
o   Siswa dapat mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula
o   Siswa dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda dan memberikan contoh perubahan wujud benda

v  Karakter siswa yang diharapkan :
o   Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Peduli lingkungan

D.   Materi Essensial
       Perubahan wujud benda (hlm.113)
o   Padat  menjadi cair
o   Cair menjadi padat
o   Cair menjadi gas
o   Gas menjadi cair
o   Padat menjadi gas

E.    Media Belajar
o   Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Kantong plastik, rantang, panci, air, garam dapur, bongkahan es






F.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

     
  1.  Pendahuluan
  Apersepsi dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
( 5 menit )
  2.  Kegiatan Inti
o   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
·         Siswa dapat memahami peta konsep tentang benda padat
·         Memahami dari kegiatan bahwa perubahan bentuk benda dapat kembali ke wujud semulanya
·         Memahami perubahan wujud benda padat menjadi benda cair
o   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
·         Melakukan kegiatan dan menarik kesimpulan perubahan wujud benda cair menjadi benda padat melalui kegiatan
·         Memahami perubahan wujud benda cair menjadi benda gas dan memberikan contohnya
·         Memahami perubahan wujud benda gas menjadi benda cair dan memberikan contohnya
·         Memahami perubahan wujud benda padat menjadi benda gas dan memberikan contohnya
·         Dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda tersebut
o   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
( 50 menit )
  3.  Penutup
o   Memberika kesimpulan bahwa benda padat dapat mengalami perubahan wujud
( 5 menit )
  4.  Pekerjaan Rumah













G. Penilaian :

Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1. Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
2. Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas
3. Rasa ingin tahu :
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
4 Peduli lingkungan :
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi
Mengidentifikasikan perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula.


Menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan  wujud benda beserta contohnya.
Tugas individu dan kelompok
Laporan

Uraian Objektif
Jelaskan perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula


Jelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda beserta contohnya













FORMAT KRITERIA PENILAIAN
o   Produk ( Hasil Diskusi )
           
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
o   Semua benar
o   Sebagian besar benar
o   Sebagian kecil benar
o   Semua salah
4
3
2
1

o   Performasi

No
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



 Sikap
o   Pengetahuan
o   Kadang-kadang pengetahuan
o   Tidak pengetahuan

o   Aktif praktek
o   Kadang-kadang aktif
o   Tidak aktif

o   Sikap
o   Kadang-kadang sikap
o   Tidak sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


Lembar Penilaian

No.
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap









CATATAN :
o   NILAI = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10
o   Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar