Nama
: Yentika Putri Arnalista
NPM : 141350046
Prodi
/ Smt : PGSD / 3
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SD Negeri 2 Sumberrejo
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas / Semester : IV / 1
Materi Pokok : Benda
Waktu :
2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan Praktek
A.
Standar Kompetensi :
2. Memahami
hubungan beragam sifat dan perubahan
wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya
B.
Kompetensi Dasar :
2.2 Mendeskripsikan
terjadinya perubahan wujud cair *padat*cair; cair*gas*cair; padat*gas.
C.
Tujuan Pembelajaran :
o
Siswa
dapat mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula
o
Siswa
dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda dan memberikan
contoh perubahan wujud benda
v Karakter siswa yang diharapkan :
o
Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Peduli lingkungan
D.
Materi Essensial
Perubahan wujud benda (hlm.113)
o
Padat menjadi cair
o
Cair
menjadi padat
o
Cair
menjadi gas
o
Gas
menjadi cair
o
Padat
menjadi gas
E.
Media Belajar
o
Buku
SAINS SD Relevan Kelas IV
o
Kantong
plastik, rantang, panci, air, garam dapur, bongkahan es
F.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1.
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang
diharapkan
|
( 5 menit )
|
2.
Kegiatan Inti
o
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru :
·
Siswa dapat memahami peta konsep tentang benda
padat
·
Memahami dari kegiatan bahwa perubahan bentuk
benda dapat kembali ke wujud semulanya
·
Memahami perubahan wujud benda padat menjadi benda
cair
o
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru :
·
Melakukan kegiatan dan menarik kesimpulan
perubahan wujud benda cair menjadi benda padat melalui kegiatan
·
Memahami perubahan wujud benda cair menjadi benda
gas dan memberikan contohnya
·
Memahami perubahan wujud benda gas menjadi benda
cair dan memberikan contohnya
·
Memahami perubahan wujud benda padat menjadi benda
gas dan memberikan contohnya
·
Dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi
perubahan wujud benda tersebut
o
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru :
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalah pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
( 50 menit )
|
3.
Penutup
o
Memberika kesimpulan bahwa benda padat dapat
mengalami perubahan wujud
|
( 5 menit )
|
4.
Pekerjaan Rumah
|
G. Penilaian :
Nilai Budaya
dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1.
Kreatif :
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari
sesuatu yang telah dimiliki
2. Mandiri : Sikap dan
perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan
tugas
3. Rasa ingin tahu :
Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
4
Peduli lingkungan :
Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di
sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam
yang sudah terjadi
|
Mengidentifikasikan
perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula.
Menjelaskan
faktor yang mempengaruhi perubahan
wujud benda beserta contohnya.
|
Tugas
individu dan kelompok
|
Laporan
Uraian
Objektif
|
Jelaskan
perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula
Jelaskan
faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda beserta contohnya
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
o
Produk ( Hasil
Diskusi )
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
o
Semua benar
o
Sebagian besar benar
o
Sebagian kecil benar
o
Semua salah
|
4
3
2
1
|
o
Performasi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
o
Pengetahuan
o
Kadang-kadang pengetahuan
o
Tidak pengetahuan
o
Aktif praktek
o
Kadang-kadang aktif
o
Tidak aktif
o
Sikap
o
Kadang-kadang sikap
o
Tidak sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
CATATAN :
o
NILAI = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10
o
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM
maka diadakan Remedial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar