Minggu, 10 Januari 2016


NAMA   : Nurul Wadikah
NPM      : 141350016

Cara Praktis Mengusir Nyamuk Dari Dalam Rumah

 

tips jitu mengusir nyamuk dari rumah aman

1. Gunakan Metode 3M

Metode 3M adalah sebuah program pemerintah untuk mengusir nyamuk dan mengurangi terjadinya penyakit demam berdarah. Metode 3 M ini terdiri dari menguras, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas. 

Sebetulnya barang bekas masih dapat dimanfaatkan loh, digunakan kembali atau di daur ulang (baca: 3 Cara Mudah Mengolah Sampah Rumah Tangga agar Dapat Berguna Kembali). 

Barang bekas yang tergenang air merupakan tempat yang nyaman untuk berkembang biaknya nyamuk. Selain itu bersihkan lah rumah secara teratur, nyamuk sangat senang hidup di tempat gelap dan berantakan.


2. Menggunakan Aplikasi / Software Pengusir Nyamuk

Prinsip kerja aplikasi atau software ini menggunakan gelombang suara tertentu sehingga nyamuk tidak suka dan pergi menjauh dari asal bunyi suara. Anda dapat mendownload aplikasi tsb di google play store buat Anda yang memiliki gadget berbasis android.

3. Menggunakan Alat Pengusir Nyamuk

Bila Anda tidak suka alat pengusir nyamuk yang menggunakan suara, atau nyamuk di rumah Anda sudah kebal dengan gangguan suara, Anda dapat juga mencoba alat pengusir nyamuk yang menggunakan cahaya untuk menangkap nyamuk. Anda dapat dengan mudah memperoleh alat ini di toko alat rumah tangga atau belanja online di internet. Cahaya yang digunakan biasanya adalah sejenis cahaya ultra violet sehingga lebih baik Anda menggunakan sunblock saat menggunakan alat ini untuk melindungi kulit Anda terpapar sinar UV penyebab penuaan dini dan pigmentasi kulit.

4. Tanamlah Ikan Di Kolam Anda

Ikan merupakan salah satu predator pemakan jentik nyamuk yang hidup di air kolam. Keberadaan ikan akan memutuskan mata rantai kehidupan nyamuk. Jenis ikan yang menyukai jentik nyamuk di ataranya adalah ikan gruppy, ikan cupang, ikan cere, ikan nila dan ikan gapi.

5. Tanamlah Tanaman Pengusir Nyamuk

Beberapat tanaman selain berfungsi untuk keindahan juga aromanya merupakan alat pengusir nyamuk secara alami.

Baca: 7 Tanaman Pengusir Nyamuk Secara Alami Yang Cocok Ditanam Di Rumah

6. Menggunakan Kapur Barus

Masukkan beberapa kapur barus ke dalam setengah gelas air, lalu letakkan gelas tsb di sudut ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Nyamuk akan pergi dari ruangan tsb karena aroma kapur barus.

7. Menggunakan Ramuan Ragi-Gula Merah

Ramuan ragi dan gula merah akan menghasilkan gas karbondioksida yang sangat disukai nyamuk. Ketika nyamuk datang dan hinggap maka dia tidak akan dapat terbang kembali karena lengketnya kaki nyamuk pada cairan gula.

Alat Yang Dibutuhkan
- Botol plastik bekar air mineral atau minuman ringan berukuran 1,5 liter.
- air +/- 200 ml
- gula merah 50 gram
- ragi 1 gram

Cara Membuatnya:

  • Potong botol plastik menjadi 2 bagian.
  • Larutkan gula merah dengan menggunakan air panas, lalu campurkan dengan ragi. 
  • Masukkan ramuan ragi-gula merah ke dalam potongan botol plastik bagian bawah
  • Letakkan potongan botol bagian atas di atas ramuan tadi dengan posisi terbalik atau seperti corong.
  • Lekatkan bagian sambungan botol menggunakan lakban hitam. 
  • Letakkan botol ramuan tadi di sudut ruangan rumah anda dan keesokan harinya Anda akan melihat nyamuk yang terperangkap dalam larutan gula ragi tadi. Untuk menghindari semut, letakkan botol tsb di atas wadah berair.
Itulah 7 tips efektif mengusir nyamuk dari dalam rumah secara alami. Selamat mencoba ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar