Nama : Tony Iskandar
Kelas : PGSD A
Langkah - Langkah Menetapkan Pendekatan
Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Serta Manfaatnya
Karakteristik bahasa Indonesia adalah
ciri khas atau sifat pembelajaran bahasa Indonesia sebagai sebuah ilmu. Adapun
langkah-langkah karakteristik pembelajaran bahasa Indonesia adalah bersifat
kontekstual, bersifat komunikatif, bersifat sistematis, menantang pembelajar
untuk memecahkan masalah-masalah nyata, membawa pembelajar ke arah pembelajaran
yang aktif, dan penyusunan bahan pembelajaran dilakukan oleh guru sesuai dengan
minat dan kebutuhan pembelajaran, itu adalah salah satu langkah awal dalam
menetapkan pendekatan pembelajaran bahasa indonesia.
Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia
pada dasarnya tergolong ke dalam 3 jenis tujuan, yaitu tujuan afektif,
kognitif, dan psikomotorik. Tujuan afektif berkaitan dengan penanaman rasa
bangga dan menghargai bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi. Tujuan
kognitif berkaitan dengan proses pemahaman bentuk, makna, dan fungsi bahasa
Indonesia. Tujuan psikomotorik berkaitan dengan kemampuan menggunakan bahasa
Indonesia untuk berbagai kepentingan.
Fungsi pembelajaran bahasa Indonesia dapat digolongkan ke
dalam 2 jenis, yaitu fungsi instrumentatif dan fungsi intrinsik. Fungsi
instrumentatif adalah fungsi pembelajaran bahasa Indonesia sebagai sarana
komunikasi. Fungsi intrinsik adalah fungsi pembelajaran bahasa Indonesia
sebagai proses pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia.
Manfaat pembelajaran bahasa Indonesia
dapat bersifat praktis dan strategis. Adapun yang menjadi manfaat pembelajaran
bahasa Indonesia adalah meningkatkan kemampuan komunikasi, pembentuk perilaku
positif, sarana pengembang ilmu pengetahuan, sarana memperoleh ilmu
pengetahuan, sarana pengembang nilai norma kedewasaan, sarana ekspresi imajinatif;
sarana penghubung dan pemersatu masyarakat Indonesia, dan sarana transfer
kultural.
Langkah-langkah pembelajaran (siswa
melakukan wawancara):
·
Guru Memberi
Contoh Sebuah Teks Wawancara
·
Guru
Mengarahkan Kegiatan Siswa Dan Menjelaskan Sopan Santun Berwawancara
·
Murid
Merencanakan Wawancara : Menetapkan Topik Dan Nara Sumber
·
Murid Menyusun
Pertanyaan (Pedoman) Untuk Wawancara
·
Guru Mengundang
Nara Sumber Atau Menyuruh Siswa Mendatangi Nara Sumber
·
Murid Berbagi
Tugas Dalam Kelompoknya : Pewawancara, Penulis, Dan Pengamat
·
Murid
Menyusun Laporan Hasil Wawancara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar