Minggu, 03 Januari 2016

Langkah - Langkah Menetapkan Pendekatan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Serta Manfaatnya



Nama : Tony Iskandar
 Kelas : PGSD A

Langkah - Langkah Menetapkan Pendekatan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Serta Manfaatnya
Karakteristik bahasa Indonesia adalah ciri khas atau sifat pembelajaran bahasa Indonesia sebagai sebuah ilmu. Adapun langkah-langkah karakteristik pembelajaran bahasa Indonesia adalah bersifat kontekstual, bersifat komunikatif, bersifat sistematis, menantang pembelajar untuk memecahkan masalah-masalah nyata, membawa pembelajar ke arah pembelajaran yang aktif, dan penyusunan bahan pembelajaran dilakukan oleh guru sesuai dengan minat dan kebutuhan pembelajaran, itu adalah salah satu langkah awal dalam menetapkan pendekatan pembelajaran bahasa indonesia.
Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia pada dasarnya tergolong ke dalam 3 jenis tujuan, yaitu tujuan afektif, kognitif, dan psikomotorik. Tujuan afektif berkaitan dengan penanaman rasa bangga dan menghargai bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi. Tujuan kognitif berkaitan dengan proses pemahaman bentuk, makna, dan fungsi bahasa Indonesia. Tujuan psikomotorik berkaitan dengan kemampuan menggunakan bahasa Indonesia untuk berbagai kepentingan.
Fungsi pembelajaran bahasa Indonesia dapat digolongkan ke dalam 2 jenis, yaitu fungsi instrumentatif dan fungsi intrinsik. Fungsi instrumentatif adalah fungsi pembelajaran bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi. Fungsi intrinsik adalah fungsi pembelajaran bahasa Indonesia sebagai proses pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia.
Manfaat pembelajaran bahasa Indonesia dapat bersifat praktis dan strategis. Adapun yang menjadi manfaat pembelajaran bahasa Indonesia adalah meningkatkan kemampuan komunikasi, pembentuk perilaku positif, sarana pengembang ilmu pengetahuan, sarana memperoleh ilmu pengetahuan, sarana pengembang nilai norma kedewasaan, sarana ekspresi imajinatif; sarana penghubung dan pemersatu masyarakat Indonesia, dan sarana transfer kultural.
Langkah-langkah pembelajaran (siswa melakukan wawancara):
·         Guru Memberi Contoh Sebuah Teks Wawancara
·         Guru Mengarahkan Kegiatan Siswa Dan Menjelaskan Sopan Santun Berwawancara
·         Murid Merencanakan Wawancara : Menetapkan Topik Dan Nara Sumber
·         Murid Menyusun Pertanyaan (Pedoman) Untuk Wawancara
·         Guru Mengundang Nara Sumber Atau Menyuruh Siswa Mendatangi Nara Sumber
·         Murid Berbagi Tugas Dalam Kelompoknya : Pewawancara, Penulis, Dan Pengamat
·          Murid Menyusun Laporan Hasil Wawancara 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar